CARA MEMBUAT WEBSITE MOVIE STREAMING ONLINE

Posted 2017-04-25 20:38:45 556

Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri – Acara televisi maupun film menjadi hiburan yang tidak ada matinya, pada prakteknya kamu bisa menikmati film kesayangan kamu di televisi, bioskop maupun secara online streaming seperti yang akan kita bahas hari ini.

Beberapa waktu lalu admin sempat memposting artikel seputar web movie, ternyata pembaca cukup antusias hingga banyak sekali yang menghubungi admin dan menanyakan tentang bagaimana cara membuat website atau situs nonton film online ini.

Sebenarnya teknis pembuatan web movie bisa saja kamu pasrahkan ke penyedia jasa pembuatan website, kalau rentang harga tentunya berbeda – beda tiap layanan. Namun sebenarnya kamu bisa membuat sendiri situs nonton film online ini, meskipun kamu memulainya secara otodidak.

Cara Membuat Web Movie Streaming / Nonton Film Online Sendiri

Artikel ini tidak menjelaskan bagaimana teknis detailnya, tapi memberikan step dan gambaran umum. Kalau soal teknis cara membuat nanti bisa coba kamu search sendiri setiap step – step berikut ini:

1. Pilih hosting dan domain

Sebenarnya di awal pembuatan website, kamu bisa memilih paket hosting yang murah pun tidak jadi masalah. Karena nantinya kalau visitor web kamu sudah naik, kamu bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi atau pindah ke layanan hosting lain pun bisa.

Admin sebenarnya menyarankan teman – teman menggunakan hosting atau terlebih VPS dari luar negeri. Perlu teman – teman ketahui bahwa web movie ada sisi negatifnya, yakni pelanggaran hak cipta yang bisa saja web hosting dalam negeri Indonesia tercinta ini ada yang tidak memperbolehkannya.

Takutnya ketika web sudah berjalan malahan di suspend sama penyedia hosting, seperti pengalaman admin di D**a Web kemarin yang langsung di suspend begitu saja tanpa di berikan backup file webnya.

Rekomendasi hosting luar negeri yang bisa kamu coba seperti Hostgator, Hawkhost, iPage, BlueHost dan lain sebagainya. Tapi admin sangat menyarankan kamu menggunakan VPS untuk web nonton online, agar loading website lebih cepat dan responsif. Sementara untuk domain bisa kamu beli dimana saja, pastikan kamu memilih nama domain yang unik dan keren ya?

2. Install WordPress

WordPress merupakan solusi bagi kamu yang memang tak paham bagaimana membangun website dengan coding sendiri. WordPress disini bukan WordPress.com ya? WordPress disini adalah CMS kalau nama domain atau websitenya tetap menggunakan domain .com, .net, .org dan lain sebagainyaa. Nantinya kamu dapat install WordPress melalui kontrol panel hosting kamu, gampang kok tinggal klik saja.

3. Pilih dan install theme Movie atau buat sendiri

Setelah kamu berhasil install WordPres selanjutnya adalah dengan install theme movie. Untuk theme movie dapat kamu cari atau mungkin membuat sendiri, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk harga biasanya sedikit lebih mahal, karena memang fitur di dalam theme movie berbeda dengan theme WordPress biasa. Theme tersebut di desain untuk kamu agar lebih mudah dalam memposting movie.

4. Tempat penyimpanan / upload file movie

Memang tidak disarankan kamu untuk upload file movie di hosting sendiri, karena pasti butuh space yang sangat besar. Ini cukup menyulitkan ketika kamu hendak berpindah hosting atau ingin melakukan backup secara manual.

Beberapa cloud storage tempat penyimpanan film yang cukup di rekomendasikan adalah Google Drive premium, kenapa harus premium? karena yang free kapasitasnya terbatas dan ada limit view videonya. Selain itu Google Drive juga bebas tanpa iklan, sehingga penonton lebih nyaman.

Beberapa penyimpanan file movie lainnya seperti Openload dan Videomega, selain gratis dan ‘unlimited’ setiap movie yang di tonton ada di download kamu akan mendapatkan bayaran.

Selain itu dengan menyimpan file movie di server lain maka kamu akan lebih hemat bandwidth hosting, karena setahu admin ketika memutar video dari sumber lain maka sumber dimana file video itu disimpan lah yang kena bandwidthnya.

5. Optimasi SEO Onpage dan Offpage

Pada point ini kamu harus benar – benar perhatikan, ini sangat penting kaitannya dengan optimasi di halaman mesin pencari terutama Google. Website – website movie yang sudah besar, rata – rata memiliki optimasi Onpage dan Offpage yang cukup baik. Itulah kenapa website mereka sangat mudah di temukan di Google bahkan masuk di halaman paling depan.

Untuk bisa bersaing dan mendapatkan banyak penonton film dari Google dan search engine lainnya kamu harus menerapkan teknik SEO yang tepat. Untuk apa saja teknik SEO Offpafe dan Onpage admin rasa membahas kesemuanya di artikel ini belumlah cukup. Tetapi tenang saja, jika kamu menggunakan jasa admin untuk membuat web movie, maka admin akan settingkan kesemuanya semaksimal mungkin atau jika kamu sudah punya web movie maka bisa gunakan jasa SEOnya saja.

6. Lalu bagaimana cara memutar file movie di web kamu?

Caranya cukup dengan menggunakan iframe, nanti kamu bisa memasukkan video dari sumber lain seperti Google Drive, YouTube, Openload dan lain sebagainya untuk bisa di putar di web kamu.

 

TAGs: